Kerangka Kerja (Framework) Pada ITSM???
Hallo
teman-teman sebelum kita masuk ke pembahasan pokok tentang kerangka kerja yang
terdapat pada ITSM, saya akan mengajak kalian untuk flashback ke pengetahuan singkat
tentang ITSM beserta beberapa kerangka kerja apa saja yang terdapat pada ITSM.
ITSM (Information
Technology Service Management, atau bisa disebut juga sebagai manajemen layanan
teknologi informasi. Yaitu metode yang digunakan untuk pengelolahan teknologi
informasi, yang berfungsi untuk memberikan layanan kepada konsumen secara baik
dan maksimal agar memaksimalkan bisnis pada suatu perusahaan. Didalam ITSM ini
banyak sekali kerangka kerja yang bisa digunakan contoh kerangka kerja yang
tersedia pada ITSM adalah sebagai berikut.
Kerangka Kerja
1.
Information Technology Infrastructure Library (ITIL)
2.
Control Objectives for Information and Related
Technology
(COBIT)
3.
Software Maintenance Maturity Model
4.
PRM-IT IBM's Process Reference Model for IT
5.
Application Services Library (ASL)
6.
Business Information Services Library (BISL)
7.
Microsoft Operations Framework (MOF)
8.
eSourcing Capability Model for Service Providers (eSCM-SP)
dan eSourcing Capability Model for Client Organizations (eSCM-CL)
dari ITSqc for Sourcing Management.
Nah dari COBIT itu sendiri mempunyai beberapa
cangkupan domain, nah disini saya akan meyebutkannya 4 saja, yaitu.
·
Perencanaan dan organisasi (plan and organise)
·
Pengadaan dan implementasi (acquire and implement)
·
Pengantaran dan dukungan (deliver and support)
·
Pengawasan dan evaluasi (monitor and evaluate)
Oke setelah kalian mengetahui sedikit tentang COBIT, untuk lebih
jelasnya kita akan masuk ke studi kasusnya. Kali ini saya akan menggunakan
studi kasus penerapan Sistem Manajemen pada rumah sakit yang menggunakan COBIT.
Setelah kalian memahami dari beberapa cangkupan domain diatas. Pada kali ini
kita akan mempelajari lebih detail apa sih fungsi COBIT untuk pelayanan Sistem
Manajemen RUMAH SAKIT.
Point pertama adalah tentang perencanaan dan organisasi (Plan and Organise) fungsi dari planning
adalah untuk perencaan bagaimana agar pengelola memberikan pelayanan yang
terbaik untuk konsumen ketika menggunakan pelayanan pada rumah sakit. Dan fungsi
dari organisasi yaitu
memberikan informasi kepada pengelola untuk proses manajemen (berhubungan
dengan pengumpulan data, pengolahan data, penyajian informasi dan analisa) pelayanan
kesehatan di rumah sakit.
Berikut ini
adalah salah satu fungsi adanya planning atau perencanaan:
a) Pengendalian mutu pelayanan
b) Pengendalian mutu dan penilaian produktivitas
c) Penyederhanaan pelayanan
d) Analisis manfaat dan perkiraan kebutuhan
e) Penelitian klinis
f) Perencanaan dan evaluasi program
g) Performance rumah sakit dapat terlihat dengan cepat
h) Membantu membuat jaringan
i) Membantu mengatur data dengan baik dan efisien dalam pengelolaan obat
a) Pengendalian mutu pelayanan
b) Pengendalian mutu dan penilaian produktivitas
c) Penyederhanaan pelayanan
d) Analisis manfaat dan perkiraan kebutuhan
e) Penelitian klinis
f) Perencanaan dan evaluasi program
g) Performance rumah sakit dapat terlihat dengan cepat
h) Membantu membuat jaringan
i) Membantu mengatur data dengan baik dan efisien dalam pengelolaan obat
Point kedua
yaitu pengadaan dan implementasi (acquire
and implement) nah setelah kita mempunyai planning dan organize kita akan
mengimplementasikannya agar apa yang kita rencanakan bisa terwujud dan
memberikan pelayanan terbaik untuk konsumen. Nah disini saya mempunyai skema
rancang bangunan Sistem Manajemen Rumah Sakit secara global dapat dilihat pada
gambar di bawah ini. Pada gambar tersebut diberikan contoh hubungan antara satu
subsistem dengan subsistem lainnya. Rancangan global Sistem Manajemen Rumah
Sakit berisi penjabarannya menjadi subsistem, modul, submodul dan aplikasi.
Kebutuhan yang
akan dibuat menjadi sebuah sistem informasi manajemen adalah berupa data-data obat
yang digunakan di rumah sakit (data obat generic, data obat branded/ paten),
administrasi pasien (nama, alamat, umur, berat badan), data terkait obat
(jumlah stok obat yang ada di gudang, harga obat, expired date), data riwayat
pengobatan pasien, data riwayat penyakit, data tenaga medis yang ada di rumah
sakit (baik dokter, apoteker, asisten apoteker, perawat, bidan, analis, tenaga
administrasi, dan tenaga lain), data PBF (id, PBF, alamat, nomor telpon) dan
kebutuhan lain yang mendukung untuk implementasi atau penerapan.
Point yang ketiga adalah sarana
pendukung atau sarana yang dimana untuk membantu dalam peng-implementasikan. Biasanya
sebagai pendukung akan saling ber-relasi atau saling terhubung karena dengan
adanya hubungan dapat memberikan implementasi yang terbaik. Berikut ini adalah
beberapa bagian yang termasuk sarana penghubung dalam Sistem Manajemen Rumah
Sakit.
Bagian sistem informasi manajemen rumah
sakit yang berintegrasi meliputi bagian :
1. Sistem Informasi Billing system, meliputi:
a.Sistem Informasi Registrasi
b.Sistem Informasi Poliklinik
c.Sistem Informasi Gawat Darurat
d.Sistem Informasi Laboratorium
e.Sistem Informasi Radiologi
f.Sistem Informasi Kamar Operasi
g.Sistem Informasi Rawat Inap
h.Sistem Informasi Rehap Medik
2. Sistem Informasi Farmasi
3. Sistem Informasi Rekam Medis
4. Sistem Informasi Kepegawaian
5. Sistem Informasi Keuangan & Akuntansi
6. Sistem Informasi Summary Eksekutif
7. Sistem Informasi Administrator
1. Sistem Informasi Billing system, meliputi:
a.Sistem Informasi Registrasi
b.Sistem Informasi Poliklinik
c.Sistem Informasi Gawat Darurat
d.Sistem Informasi Laboratorium
e.Sistem Informasi Radiologi
f.Sistem Informasi Kamar Operasi
g.Sistem Informasi Rawat Inap
h.Sistem Informasi Rehap Medik
2. Sistem Informasi Farmasi
3. Sistem Informasi Rekam Medis
4. Sistem Informasi Kepegawaian
5. Sistem Informasi Keuangan & Akuntansi
6. Sistem Informasi Summary Eksekutif
7. Sistem Informasi Administrator
Point yang terakhir adalah Pengawasan
dan evaluasi (monitor and evaluate) setelah kita melewati beberapa
bagian dari planning hingga penerapannya maka bagian paling akhir yaitu
evaluasi yaitu dimana kita akan menerima masukkan-masukkan baru yang nantinya
berfungsi untuk memunculkan planning-planning terbaru untuk dimasa mendatang.
Komentar
Posting Komentar