INOVASI SI & NEW TECHNOLOGY
BAB 1
Sejarah Perkembangan Sistem Teknologi Informasi
A. Sejarah Teknologi Informasi
Sejarah perkembangan
teknologi selalu menjadi hal yang dipelajari dan diingat. Karena sejak dulu,
tidak ada yang namanya serta merta teknologi menjadi canggih. Semuanya
bertahap, dimulai dari yang paling primitif sampai dengan yang canggih di masa
kini.
Melalui artikel
Sejarah Perkembangan Dunia Teknologi Informasi dan Komunikasi, diharapkan
pembaca bisa lebih mengetahui sejarah perkembangan teknologi dari masa ke masa
dimulai dari masa prasejarah, mas sejarah, maupun sampai di masa ini.
Baiklah, untuk lebih detailnya silahkan simak penjelasan dibawah ini :
Baiklah, untuk lebih detailnya silahkan simak penjelasan dibawah ini :
1. MASA PRASEJARAH
a. Masa (….s/d 3000 SM)
Pada zaman dahulu kala sebelum manusia mengenal akan dunia
teknologi dan informasi, teknologi dan informasi pada zaman ini berfungsi
sebagai suatu sistem untuk pengenalan bentuk-bentuk yang mereka
kenal. Segala bentuk informasi yang mereka dapatkan seperti tentang
berburu, tentang binatang buruan, dan sebagainya mereka gambarkan pada
dinding-dinding gua. Pada zaman tersebut, mereka mulai melakukan pengamatan
tentang lingkungan tempat tinggal mereka, kemudian mereka gambarkan pada
dinding-dinding gua. Hal ini mereka lakukan sebab komunikasi mereka hanya
sebatas pada bentuk suara dan isyarat tangan. Perkembangan berikutnya
diciptakannya sebuah alat yang dapat menghasilkan suara atau bunyi-bunyian
seperti kendang terompet yang dibuat dari tanduk binatang atau isyarat asap
sebagai lambang atau pertanda bahaya.
b. Masa 3000 SM
Pada zaman dahulu,
bangsa Sumeria yang pertama kali menggunakan tulisan dengan simbol-simbol yang
dibentuk dari pictograf sebagai huruf. Simbol-simbol atau huruf-huruf ini juga
mempunyai bentuk bunyi yang berbeda (penyebutan), sehingga mampu menjadi sebuah
kata,kalimat dan bahasa.
c. Masa Sejarah (3000 SM s/d
1400-an M)
1) 2900 SM Pengunaan
huruf hierogliph pada bangsa Mesir kuno.
Hierogliph adalah
bahasa simbol dimana setiap ungkapan diwakili oleh simbol yang berbeda-beda.
Saat symbol-simbol tersebut digabungkan menjadi satu kalimat, maka akan
memiliki cara pengucapan dan arti yang berbeda. Bentuk tulisan dan bahasa
heirogliph ini lebih maju dibandingkan dengan tulisan bangsa Sumeria.
2) 500 SM Serat
papyrus digunakan sebagai kertas.
Pada zaman ini,
disekitar sungai Nil banyak ditumbuhi oleh pohon papyrus. Melihat fakta
tersebut mereka pun tidak menyia-nyiakan kesempatan ini, Dari serat pohon
papyrus ini, mereka kemudian membentuk serat ini menjadi sebuah kertas yang
dapat dijadikan sebagai media untuk menulis ataupun media informasi yang lebih
kuat dan fleksibel dibandingkan dengan lempengan tanah liat yang sebelumnya
digunakan sebagai media informasi.
3) 105 M Bangsa Cina
menemukan kertas.
Kertas yang ditemukan
bangsa Cina ini yaitu kertas yang kita kenal saat ini. Kertas ini dibuat dari
serat bambu yang dihaluskan, disaring, dicuci, kemudian diratakan dan
dikeringkan. Penemuan ini juga memungkinkan sistem pencetakan yang dilakukan
dengan menggunakan blok kayu yang ditoreh dan dilumuri oleh tinta atau yang
kita kenal sekarang dengan sistem cap.
2. MASA MODERN (1400-AN M S/D
SEKARANG)
a. Tahun 1455
Johann Guntenberg
pertama kalinya menggunakan mesin cetak untuk mencetak plat huruf yang terbuat
dari besi yang dapat diganti-ganti dalam bingkai yang terbuat dari kayu.
b. Tahun 1830
Augusta Lady Byron
pertama kalinya menulis program komputer yang pertama di dunia dengan bekerja
sama dengan Charles Babbage. Untuk dapat merealisasikan ini, mereka menggunakan
mesin Analytical-nya. Alat tersebut didesain mampu memasukkan data, mengolah
data, dan menghasilkan bentuk keluaran dalam sebuah kartu. Mesin ini dikenal
sebagai bentuk komputer digital yang pertama walaupun cara kerjanya lebih
bersifat mekanis daripada bersifat digital, mesin ini muncul 94 tahun sebelum
komputer digital pertama ENIAC 1 dibentuk.
c. Tahun 1837
Samuel Morse
mengembangkan telegraf dan bahasa kode Morse bersama Sir Wiliam Cook dan Sir
Charles Wheatstone yang dikirim secara elektronik antara 2 (dua) tempat yang
berjauhan melalui kabel yang menghubungkan kedua tempat tersebut. Pengiriman
dan penerimaan informasi ini mampu untuk dikirim dan diterima pada saat yang
hampir bersamaan waktunya. Penemuan ini memungkinkan informasi dapat diterima
dan digunakan secara luas oleh masyarakat tanpa dihalangi oleh jarak dan waktu.
d. Tahun 1861
Gambar bergerak yang
diproyeksikan ke dalam sebuah layar besar pertama kali digunakan sebagai cikal
bakal film sekarang. Pada zaman dahulu proyektor ini berkembang dengan sebutan
layar tancap.
e. Tahun 1876
Pada zaman ini
ditandai dengan tokoh Melvyl Dewey yang mengembangkan sistem penulisan desimal.
f. Tahun 1877
1.
Alexander Graham Bell menciptakan dan mengembangkan perangkat
telepon yang digunakan pertama kali secara umum.
2.
Edward Maybridge menemukan Fotografi dengan kecepatan tinggi.
g. Tahun 1899
Menggunakan system penyimpanan
dalam tape (pita) magnetis yang pertama tetapi pada zaman ini penyimpanan masih
bersifat analog belum digital.
h. Tahun 1923
Zvorkyn pada zaman ini
menciptakan tabung TV yang pertama.
i. Tahun 1940
Dimulainya
pengembangan ilmu pengetahuan dalam bidang informasi pada masa Perang Dunia 2
yang dipergunakan untuk kepentingan pengiriman dan penerimaan dokumen-dokumen
militer yang disimpan dalam bentuk magnetic tape.
j. Tahun 1945
Vannevar Bush
mengembangkan sistem pengkodean menggunakan hypertext. Pada zaman ini
penggunaan hypertext telah berkembang seiring dengan perkembangan desain
website.
k. Tahun 1946
Pada zaman ini
teknologi komputer digital pertama di dunia ENIAC I mulai dikembangkan walaupun
belum begitu banyak pengguna tetapi teknologi komputer sudah digunakan pada
instansi-instansi tertentu.
l. Tahun 1948
Para peneliti di Bell
Telephone mengembangkan transistor.
m. Tahun 1957
1.
Jean Hoerni mengembangkan transistor planar. Teknologi ini dapat
mengembangkan jutaan bahkan milyaran transistor dimasukan kedalam sebuah keping
kecil kristal silicon.
2.
USSR (Rusia pada saat itu) meluncurkan Sputnik sebagai satelit
bumi buatan pertama yang bertugas sebagai mata-mata. Sebagai balasannya Amerika
membentuk Advance Research Projects Agency (ARPA) di bawah kewenangan
Departemen Pertahanan Amerika untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi informasi dalam bidang pertahanan atau militer.
n. Tahun 1972
Pada masa ini Ray
Tomlinson menciptakan sebuah program E-mail pertama yang digunakan untuk
berkomunikasi pada jarak jauh dengan menggunakan teks. E-mail banyak disebut
sebagai surat elektronik.
o. Tahun 1973-1990
Istilah internet
diperkenalkan dalam sebuah paper mengenai TCP/IP kemudian dilakukan
pengembangan sebuah protokol jaringan yang kemudian dikenal dengan istilah
TCP/IP yang dikembangkan oleh grup dari DARPA. Pada tahun 1981 National Science
Fondation mengembangkan Backbone yang disebut CSNET dengan kapasitas 56 Kbps
untuk setiap institusi dalam pemerintahan. Kemudian pada tahun 1986 IETF
mengembangkan sebuah server yang berfungsi sebagai alat koordinasi diantaranya:
DDN, DARPA, ARPANET, dan Internet Gateway.
p. Tahun 1991-
Sekarang
Sistem bisnis dalam
bidang IT pertama kali terjadi ketika CERN dalam menanggulangi biaya
operasionalnya memungut bayaran dari para anggotanya. Pada tahun 1992 komunitas
internet pertama kali dibentuk, kemudian diperkenalkan dengan istilah World
Wide Web (WWW) oleh CERN. Pada tahun 1993, NSF membentuk interNIC dalam rangka
untuk menyediakan jasa pelayanan internet menyangkut direktori dan penyimpanan
data serta database (oleh AT&T), jasa registrasi (oleh Network Solution
Inc), dan jasa informasi (oleh General Atomics/CERFnet). Pada tahun 1994
pertumbuhan internet melaju dengan sangat cepat dan mulai merambah ke dalam
segala segi kehidupan manusia. Tahun 1995, perusahaan umum mulai diperkenankan
menjadi provider dengan membeli jaringan di Backbone.
B. Perkembangan Komputer
Istilah Komputer berasal dari bahasa latin “computare”, yang
berarti alat hitung, karena awalnya komputer lebih digunakan sebagai perangkat
bantu dalam hal penghitungan angka-angka sebelum akhirnya menjadi perangkat
multifungsi.
Komputer saat ini adalah hasil evolusi panjang dari komputer
zaman dahulu, yang mulanya adalah alat mekanik dan elektronik. Berikut ini
contoh penemuan komputer.
Oleh karena ingin lebih cepat dalam melakukan perhitungan, maka
di buatlah alat hitung berbasis elekronik yaitu komputer.
Sejarah awal mula diciptakannya
komputer adalah untuk mempercepat perhitungan. Namun jangan
beranggapan bahwa komputer pertama sama dengan sekarang. Komputer yang kita
gunakan sekarang adalah hasil dari evolusi penemuan sejak dahulu.
Sejarah perkembangan dan generasi komputer dari dulu hingga kini
terbagi dalam 5 kali perkembangan atau generasi komputer.
Sempoa atau Abacus adalah alat kuno untuk penghitungan yang
terbuat dari rangka kayu dengan sederetan poros yang berisi manik – manik yang
bisa di geser.
Alat ini digunakan untuk melakukan operasi aritmatika seperti
penjumlahan, pengurangan, perkalian pembagian dan akar kuadrat. Muncul sekitar
5.000 Tahun yang lalu di cina dan masih digunakan di beberapa tempat hingga
saat ini.
Abacus dapat dianggap sebagai awal mula mesin komputasi
(penghitungan). Penggunanya melakukan perhitungan dengan menggunaka biji –
bijian geser yang diatur pada sebuah rak. Para pedagang di masa itu menggunakan
abacus untuk menghitung transaksi perdagangan.
Seiring dengan munculnya pensil dan kertas, abacus kehilangan
popularitasnya.
Awal Mula diciptakan komputer adalah pada saat terjadinya Perang
Dunia II, negara – negara yang terlibat dalam perang tersebut berusaha
mengembangkan komputer untuk mengeksploitasi potensi strategis yang dimiliki
komputer.
Hal ini meningkatkan pendanaan pengembangan komputer serta
mempercepat kemajuan teknologi komputer. Pada tahun 1941, Konrad Zuse, seorang
insinyur Jerman membangun sebuah komputer Z3 , untuk mendesain pesawat terbang
dan peluru kendali. pihak sekutu juga membuat kemajuan lain dalam pengembangan
komputer.
Tahun 1943, pihak inggris menyelesaikan komputer pemecah kode
rahasia yang dinamakan Colossus untukmemecahkan kode rahasia yang digunakan
jerman. Perkembangan Komputer Generasi I diawali dengan terciptanya komputer
yang disebut Electronic Numerical Integrator and Computer (ENIAC).
Komputer ini dibuat oleh pemerintah Amerika Serikat yang bekerja
sama dengan university of Pennysylvania pada tahun 1946. ENIAC terdiri atas
18.000 tabung vakum, 70.000 resistor, dan 5 juta titik solder.
Apa saja sejarah pada masing-masing generasi perkembangan
komputer?
Komputer Generasi
Pertama (1946-1959)
nadianutami.blogspot.com
Electronic Numerical Integrator and Calculator (ENIAC) merupakan
generasi pertama komputer digital elektronik yang digunakan untuk kebutuhan
umum.
Program ENIAC dirancang pada tahun 1942, dan mulai dibuat pada
tahun 1943 oleh Dr. John W. Mauchly dan John Presper Eckert di Moore School of
Electrical Engineering (University of Pennsylvania) dan baru selesai pada tahun
1946.
ENIAC berukuran sangat besar, untuk penempatannya membutuhkan
ruang 500m2. ENIAC menggunakan 18.000 tabung hampa udara, 75.000 relay dan
saklar, 10.000 kapasitor, dan 70.000 resistor. Ketika dioperasikan, ENIAC
membutuhkan daya listrik sebesar 140 kilowatt dengan berat lebih dari 30 ton,
dan menempati ruangan 167 m2.
Perangkat komputer yang
pertama kali dikembangkan adalah komputer untuk desain pesawat dan peluru
kendali. Ilmuwan yang menggagas konsep pengembangan tersebut adalah Konrad
Zuse, seorang Insinyur asal Jerman.
Pertengahan 1940-an, John Von Neumann (1903-1957) bergabung
dengan tim University Of Pennysylvania dalam usaha membangun konsep desain
komputer 40 tahun mendatang masih dipakai dalam teknik komputer.
Von Neumann mendesain Electronic Discrete Variable Automatic
Comnputer (EDVAC) pada tahun 1945 dengan sebuah memori untuk menampung baik
program atau pun data. Teknik ini memungkinkan komputer untuk berhenti pada suatu
saat dan kemudian melanjutkan pekerjaannya kembali.
Kunci utama arsitektur Von Neumann adalah unit pemrosesan
sentral (Central processor unit/ CPU), yang memungkinkan seluruh fungsi
komputer dikoordinasikan melalui satu sumber tunggal. Ciri utama dari komputer
generasi pertama adalah CPU.
Dengan konsep itulah John Von Neumann dijuluki sebagai bapak
komputer modern pertama di dunia yang konsepnya masih digunakan sampai
sekarang.
John Von Neumann lahir di Budapest, Hongaria 28 Desember 1903
dan meninggal pada tanggal 8 Februari 1957 di Washington DC, AS. Von Neumann
sangat cerdas dalam matematika dan angka-angka.
Pada usia eman tahun dia sudah dapat menghitung pembagian angka
dengan delapan digit tanpa menggunakan kertas atau alat bantu lainnya.
Pendidikannya dimulai di University of Budapest pada tahun 1921 di jurusan
kimia.
Tapi kemudian dia kembali kepada kesukaannya, matematika, dan
menyelesaikan doktoralnya di bidang matematika di tahun 1928. di tahun 1930 dia
mendapatakan kesempatan pergi ke Princeton University (AS).
Von Neumann juga merupakan orang pertama yang mencetuskan
istilah “Game Theory” yang kemudian berkembang menjadi ilmu tersendiri. Game
theory bermanfaat untuk mensimulasikan permainan, seperti catur, bridge, dan
sejenisnya.
Dia juga bermanfaat untuk mensimulasikan perang.
Pada tahun 1933, Institute of Advanced Studies dibentuk dan dia
menjadi salah satu dari enam professor matematika di sana. Von Neumann kemudian
menjadi warga negara Amerika.
Tahun 1951, UNIVAC I (Universal Automatic Computer I) yang di
buat oleh Remington Rand, menjadi komputer komersial pertama yang memanfaatkan
model arsitektur Von Neumann. UNIVAC dimiliki oleh Badan Sensus Amerika Serikat
dan General Electric.
Salah satu hasil mengesankan komputer UNIVAC, yaitu prediksi kemenangan
Eisenhower dalam pemilihan presiden Amerika Serikat pada tahun 1952.
Komputer Generasi I memiliki ciri khas, yakni instruksi operasi
dibuat secara spesifik untuk satu tugas tertentu. Setiap komputer memiliki
program kode-biner masing – masing yang berbeda yang disebut “Bahasa
Mesin”(Machine Language).
Hal ini menyebabkan komputer sulit untuk diprogram dan membatasi
kecepatannya.
Berikut Karakteristik komputer Generasi I secara umum.
1) Sirkuitnya Menggunakan Tabung Hampa. Penggunaan Tabung Hampa tersebut
yang membuat ukuran komputer pada masa tersebut berukuran sangat besar.
2) Komputer mempunyai silinder magnetik untuk menyimpan data.
3) Programnya hanya bisa dibuat menggunakan bahasa mesin.
4) Instruksi operasi dibuat secara spesifik untuk tugas
tertentu.
5) Menggunakan Konsep Stored Program dengan memori utamanya
adalah Magnetic Core Storage.
6) Menggunakan Simpanan Luar Magnetic Tape dan Magnetic Disk.
7) Ukuran fisik komputer besar, memerlukan ruang yang luas.
8) Suhunya cepat panas, sehingga diperlukan pendingin.
9) Prosesnya kurang cepat.
10) Daya simpannya kecil.
11) Membutuhkan daya listrik yang besar.
Central processing unit yang terdapat dalam komputer generasi I
merupakan mesin pertama yang digunakan untuk mengoperasikan seluruh sistem
dalam komputer.
Perangkat komputer yang pertama kali dikembangkan adalah
komputer untuk desain pesawat dan peluru kendali. Ilmuwan yang menggagas konsep
pengembangan tersebut adalah Konrad Zuse, seorang Insinyur asal Jerman.
Kemudian, pada pertengahan 1940-an, komputer tersebut mengalami
perkembangan lebih lanjut yang dilakukan oleh John von Neuman.
Ciri utama dari komputer generasi pertama adalah CPU. Central
processing unit yang terdapat dalam komputer generasi I merupakan mesin pertama
yang digunakan untuk mengoperasikan seluruh sistem dalam komputer.
Sedangkan
program utama yang terdapat di komputer generasi pertama adalah “machine
language”.
Komputer Generasi
Kedua (1959 – 1964)
www-03.ibm.com
Penemuan penting telah terjadi di generasi kedua ini. Adalah
transistor, alat canggih yang dapat memaksimalkan kinerja komputer dengan ukuran
yang sangat kecil.
Penemuan alat ini mempengaruhi perkembangan komputer pada
generasi kedua. Pada 1959-1960an, para ilmuwan mencoba menggarap komputer
generasi kedua.
Beberapa intansi, perusahaan, universitas, serta pemerintah
telah memanfaatkan kecanggihan dari komputer generasi kedua. Inti dari penemuan
generasi II ini adalah transistor, yang membuat komputer generasi kedua
berukuran lebih kecil daripada komputer generasi pertama.
Mesin pertama yang memanfaatkan teknologi baru ini adalah
superkomputer. IBM membuat superkomputer bernama Stretch, dan Sprery-Rand
membuat komputer bernama LARC.
Komputer-komputer ini, yang dikembangkan untuk laboratorium
energi atom, dapat menangani sejumlah besar data, sebuah kemampuan yang sangat
dibutuhkan oleh peneliti atom.
Mesin tersebut sangat mahal dan cenderung terlalu kompleks untuk
kebutuhan komputasi bisnis, sehingga membatasi kepopulerannya. Hanya ada dua
LARC yang pernah dipasang dan digunakan: satu di Lawrence Radiation Labs di
Livermore, California, dan yang lainnya di US Navy Research and Development
Center di Washington D.C.
Komputer generasi kedua menggantikan bahasa mesin dengan bahasa
assembly. Bahasa assembly adalah bahasa yang menggunakan singkatan-singakatan
untuk menggantikan kode biner.
Pada awal 1960-an, mulai bermunculan komputer generasi kedua
yang sukses di bidang bisnis, di universitas, dan di pemerintahan.
Komputer-komputer generasi kedua ini merupakan komputer yang sepenuhnya
menggunakan Transistor.
Mereka juga memiliki komponen-komponen yang dapat diasosiasikan
dengan komputer pada saat ini: printer, penyimpanan dalam disket, memory,
system operasi, dan program.
Salah satu contoh penting komputer pada masa ini adalah IBM 1401
yang diterima secara luas di kalangan industri. Pada tahun 1965, hampir seluruh
bisnis-bisnis besar menggunakan komputer generasi kedua untuk memproses
informasi keuangan. Program yang tersimpan di dalam komputer dan , bahasa
pemrograman yang ada di dalamnya memberikan fleksibilitas kepada komputer.
Fleksibilitas ini meningkatkan kinerja dengan harga yang pantas
bagi penggunaan bisnis. Dengan konsep ini, komputer dapat mencetak faktur
pembelian konsumen dan kemudian menjalankan desain produk atau menghitung
daftar gaji.
Komputer digital yang pertama memiliki ukuran yang besar serta
biaya yang tinggi untuk membuatnya. Kegunaan komputer pada generasi ini
kebanyakan digunakan untuk perhitungan ilmiah.
Contohnya ENIAC, komputer awal AS semula didesain untuk
memperhitungkan tabel ilmu balistik untuk persenjataan (artileri), menghitung
kerapatan penampang neutron untuk melihat jika bom hidrogen akan bekerja dengan
semestinya (perhitungan ini, yang dilakukan pada Desember 1945 sampai Januari
1946 dan melibatkan dala dalam lebih dari satu juta kartu punch, memperlihatkan
bentuk lalu di bawah pertimbangan akan gagal).
Komputer pada generasi kedua juga memiliki sistem penyimpanannya
sendiri. Yaitu, Kapasitas memori utama dikembangkan dari Magnetic Core Storage
dan menggunakan simpanan luar berupa Magnetic Tape dan Magnetic Disk.
Transistor dibanding dengan tabung, teknologi transistor jauh
lebih efisien sebagai switch dan dapat diperkecil ke skala mikroskopik.
Pada tahun 2001 peniliti Intel telah memperkenalkan silikon
paling kecil dan paling cepat di dunia, dengan ukuran 20 nanometer ata
sebanding dengan sepermiliar meter, yang akan digunakan pada prosesor dengan
kecepatan 20 GHz (Giga Hertz).
Era ini juga menandakan permulaan munculnya minikomputer yang
merupakan terbesar kedua dalam keluarga komputer. Harganya lebih murah dibanding
dengan generasi pertama. Komputer DEC PDP-8 adalah minikomputer pertama yang
dibuat tahun 1964 untuk pengolahan data komersial.
Jenis-jenis komputer lain yang muncul pada generasi ini
diantaranya UNIVAC III, UNIVAC SS80, SS90, dan 1107, IBM 7070, 7080, 1400, dan
1600.
Kelebihan dari komputer dizaman ini adalah bentuknya yang
efisien yang tidak sebesar sebelumnya, komputer dalam generasi ini juga lebih
luas penerapannya dalam kehidupan. Seperti aspek pendidikan, kesehatan,
industri dan lain-lain.
Sedangkan kelemahan dari komputer dimasa ini adalah transistor
yang banyak menghasilkan panas yang cukup besar, yang dapat berpotensi merusak
bagian-bagian internal komputer yaitu quartz rock (batu kuarsa).
Dalam
bahasa assembly digunakan kode-kode berupa singkatan yang menggantikan kode
biner. Komputer mampu mendesain produk, menghitung daftar gaji, mencetak data
sehingga komputer generasi kedua ini sukses di pasaran.
Komputer Generasi
Ketiga (1964 – 1970)
roby-xtkj-1.blogspot.com
Komputer generasi ketiga merupakan sebuah perkembangan yang sangat pesat dari perkembangan komputer yang ada. Komputer generasi ketiga muncul sejak era 1964-1970an.
Dalam pemakaiannya, transistor membuat komputer lebih cepat
panas. Dengan demikian, komputer generasi kedua mulai ditinggalkan. Kemudian
seorang ilmuwan bernama Jack Billy mencoba melakukan penelitian.
Kemudian pada 1958, ia menciptakan komponen yang lebih canggih
dibandingkan transistor yang membuat komputer cepat panas tadi. Yakni IC
atau Integrated Circuit chip kecil yang mampu menampung banyak
komponen menjadi satu.
Pada generasi ketiga inilah teknologi Integrated Circuit (IC)
menjadi ciri utama karena mulai digunakan pada sebuah perangkat komputer hingga
generasi sekarang.
IC dibuat pertama kali oleh Texas Istruments dan Fairchild
Semiconductor pada tahun 1959 yang hanya berisi enam transistor. Bisa kita
bandingkan bahwa prosesor saat ini yang kita gunakan telah memiliki jutaan,
puluhan, ratusan juta transistor, bahkan telah didesain prosesor dengan
miliaran transistor. Sebuah perkembangan yang luar biasa dalam masa kurang dari
setengah abad.
Ciri-ciri komputer generasi ketiga adalah:
1. Karena menggunakan IC maka
kinerja komputer menjadi lebih cepat dan tepat. Kecepatannya hampir 10.000 kali
lebih cepat dari komputer generasi pertama.
2. Peningkatan dari sisi software.
3. Kapasitas memori lebih besar,
dan dapat menyimpan ratusan ribu karakter (sebelumnya hanya puluhan ribu).
4. Menggunakan media penyimpanan
luar disket magnetik (external disk) yang sifat pengaksesan datanya secara acak
(random access) dengan kapasitas besar (jutaan karakter).
5. Penggunaan listrik lebih hemat.
6. Kemampuan melakukan
multiprocessing dan multitasking.
7. Telah menggunakan terminal
visual display dan dapat mengeluarkan suara.
8. Harganya semakin murah.
9. Kemampuan melakukan komunikasi
dengan komputer lain.
IBM S/360, UNIVAC 1108, UNIVAC 9000, Burroughts 5700, 6700, 7700, NCR Century, GE 600, CDC 3000, 6000, dan 7000, PDP-8, dan PDP-11 (pabrik pembuatnya adalah Digital Equipment Corporation) merupakan contoh-contoh komputer generasi ketiga.
IBM S/360, UNIVAC 1108, UNIVAC 9000, Burroughts 5700, 6700, 7700, NCR Century, GE 600, CDC 3000, 6000, dan 7000, PDP-8, dan PDP-11 (pabrik pembuatnya adalah Digital Equipment Corporation) merupakan contoh-contoh komputer generasi ketiga.
Dengan
begitu, ukuran komputer menjadi lebih kecil. Pun, pada komputer generasi ketiga
juga lebih cepat disektor sistem operasi dan mampu menjalankan beberapa program
secara bersamaan.
Komputer Generasi
Keempat (1979 – 2000an)
storepoint.blogspot.com
Komputer generasi keempat merupakan kelanjutan dari generasi III. Bedanya bahwa IC pada generasi IV lebih kompleks dan terintegrasi.
Pada generasi ini, komputer yang menggunakan chip IC kemudian
dikembangkan lagi. Perusahaan Very Large Scale Integration mencoba
melakukan pengembangan tersebut pada 1980-an. Walhasil, satu chip tunggal dapat
menampung ribuan komponen.
Sejak tahun 1970 ada dua perkembangan yang dianggap sebagai
komputer generasi IV. Pertama, penggunaan Large Scale Integration (LSI) yang
disebut juga dengan nama Bipolar Large Large Scale Integration.
LSI merupakan pemadatan beribu-ribu IC yang dijadikan satu dalam
sebuah keping IC yang disebut chip. Istilah chip digunakan untuk menunjukkan
suatu lempengan persegi empat yang memuat rangkaian terpadu IC.
LSI kemudian dikembangkan menjadi Very Large Scale Integration
(VLSI) yang dapat menampung puluhan ribu hingga ratusan ribu IC.
Selanjutnya dikembangkannya komputer mikro yang menggunakan
mikroprosesor dan semikonduktor yang berbentuk chip untuk memori komputer
internal sementara generasi sebelumnya menggunakan magnetic core storage.
Perusahaan Intel pada tahun 1971 memperkenalkan mikrokomputer 4
bit yang menggunakan chip prosesor dengan nama 4004 yang berisi 230 transistor
dan berjalan pada 108 KHz (Kilo-Hertz) dan dapat mengeksekusi 60.000 operasi
per detik.
Dilanjutkan pada tahun 1972, Intel memperkenalkan mikrokomputer
8008 yang memproses 8 bit informasi pada satu waktu. Selanjutnya mikroprosesor
8080 dibuat pada tahun 1974, dan merupakan prosesor untuk tujuan umum pertama.
Sebelumnya prosesor 4004 dan 8008 dirancang untuk kebutuhan
aplikasi tertentu, dan prosesor 8080 memiliki kemampuan lebih cepat dan memilki
set instruksi yang lebih kaya, serta memiliki kemampuan pengalamatan yang lebih
besar.
Pada generasi keempat ini tampilan monitor masih satu warna
(green color).
Komputer-komputer generasi keempat diantaranya adalah IBM 370,
Apple I dan Apple II, PDP-11, VisiCalc, dan Altair yang menggunakan prosesor
Intel 8080, dengan sistem operasi CP/M (Control Program for Microprocessor),
dengan bahasa pemrograman Microsoft Basic (Beginners Allpurpose Symbolic
Instruction Code).
Sebagai catatan bahwa pada komputer-komputer generasi keempat
ini tidak satupun yang PC-Compatible atau Macintosh-Compatible. Sehingga pada
generasi ini belum ditentukan standar sebuah komputer terutama personal computer
(PC).
Dari
sinilah, istilah “personal computer” atau PC muncul. Artinya, perangkat
komputer mulai dipasarkan ke sektor perorangan. Tak berhenti sampai di situ,
muncullah perangkat komputer yang mudah dibawa ke mana-mana, yaitu Laptop.
Komputer Generasi
Kelima (Sekarang)
youtube.com
Komputer generasi kelima adalah yang saat ini tengah dilakukan
oleh berbagai vendor elektronik. Komputer generasi kelima kerap disebut sebagai
komputer generasi masa depan.
Pada perkembangan selanjutnya perubahan besar terjadi bahwa
sejak IBM-PC diperkenalkan dan bukan menjadi satu-satunya manufaktur
PC-compatible, maka standar baru dalam dunia industri PC lebih dikembangkan
oleh perusahaan lain seperti Intel dan Microsoft yang dipelopori oleh W. Bill
Gates yang menjadi pionir standar hardware dan software dunia.
Beberapa bukti kecil adalah munculnya smartphone, tablet,
phablet, netbook, ultrabook, dan banyak lagi.
Sejarah perkembangan komputer generasi kelima adalah komputer yang
kita gunakan sekarang ini. Pada generasi ini ditandai dengan munculnya: LSI
(Large Scale Integration) yang merupakan pemadatan ribuan microprocessor ke
dalam sebuah microprocesor.
Selain itu, juga ditandai dengan munculnya microprocessor dan
semi conductor.
Perusahaan-perusahaan yang membuat micro-processor di antaranya
adalah Intel Corporation, Motorola, Zilog dan lainnya lagi. Di pasaran bisa
kita lihat adanya microprocessor dari Intel dengan model 4004, 8088, 80286,
80386, 80486, dan Pentium.
Pentium-4 merupakan produksi terbaru dari Intel Corporation yang
diharapkan dapat menutupi segala kelemahan yang ada pada produk sebelumnya. Di
samping itu, kemampuan dan kecepatan yang dimiliki Pentium-4 juga bertambah
menjadi 2 Ghz.
Tahun 2001 Intel mengumumkan prosesor Itanium yang merupakan
prosesor dengan basis arsitektur 64 bit (IA-64) pertama.
Itanium merupakan prosesor pertama milik Intel dengan
instruksi-instruksi 64 bit dan akan menelurkan satu generasi baru dari sistem
operasi dan aplikasi, sementara masih mempertahankan backward compatibility
dengan software 32 bit.
Perlu diketahui bahwa sejak dikeluarkannya prosesor 386,
komputer beroperasi pada 32 bit per satuan waktu dalam mengeksekusi informasi
hingga Pentium 4. Hingga sekarang komputer yang digunakan kebanyakan masih yang
berbasis 32 bit.
Pada generasi pentium, selain ciri khas pada peningkatan
kecepatan akses datanya juga tampilan gambar sudah beresolusi (kualitas gambar)
bagus dan berwarna serta multimedia, dan yang lebih penting adalah fungsi komputer
menjadi lebih cerdas.
Meskipun komputer pada generasi ini ukuran fisiknya menjadi
lebih kecil dan sederhana namun memiliki kemampuan yang semakin canggih.
Pada generasi kelima ini, telah dilakukan pengembangan dengan
apa yang dinamakan Josephson Junction, teknologi yang akan menggantikan chip
yang mempunyai kemampuan memproses trilyunan operasi perdetik sementara
teknologi chip hanya mampu memproses miliaran operasi perdetik.
Komputer pada generasi ini akan dapat menerjemahkan bahasa
manusia, manusia dapat langsung bercakap-cakap dengan komputer serta adanya
penghematan energi komputer.
Sifat luar biasa ini disebut sebagai “Artificial Intelligence”,
selain itu juga berbasis Graphic User Interface (GUI), multimedia, dan
multikomunikasi.
Contoh-contoh komputer yang lahir pada generasi kelima berbasis
x86, seperti chip 286 yang diperkenalkan pada tahun 1982 dengan 134.000
transistor, kemudian chip 386 pada tahun 1983 dengan 275.000 transistor,
sedangkan chip 486 diperkenalkan tahun 1989 yang memiliki 1,2 juta transistor.
Selanjutnya pada tahun 1993 Intel memperkenalkan keluarga
prosesor 586 yang disebut Pentium 1 dengan jumlah transistor 3,1 juta untuk
melakkan 90 MIPS (Million Instruction Per Second). Kemudian dilanjutkan pada
generasi berikutnya yaitu Pentium 2, 3, dan 4.
Gambar-gambar yang ditampilkan menjadi lebih halus dan lebih
tajam, di samping itu kecepatan memproses, mengirim ataupun menerima gambar
juga menjadi semakin cepat.
Dengan teknologi komputer yang ada saat ini, agak sulit untuk
dapat membayangkan bagaimana komputer masa depan. Dengan teknologi yang ada
saat ini saja kita seakan sudah dapat “menggenggam dunia”.
Dari sisi teknologi beberapa ilmuan komputer meyakini suatu saat
tercipta apa yang disebut dengan biochip yang dibuat dari bahan protein
sitetis. Robot yang dibuat dengan bahan ini kelak akan menjadi manusia tiruan.
Sedangkan teknologi yang sedang dalam tahap penelitian sekarang
ini yaitu mikrooptik serta input-output audio yang mungkin digunakan oleh
komputer yang akan datang. Ahli-ahli sains komputer sekarang juga sedang
mencoba merancang komputer yang tidak memerlukan penulisan dan pembuatan
program oleh pengguna.
Komputer tanpa program (programless computer) ini mungkin
membentuk ciri utama generasi komputer yang akan datang.
Kemungkinan Komputer Masa Depan
Secara prinsip ciri-ciri komputer masa mendatang adalah lebih
canggih dan lebih murah dan memiliki kemampuan diantaranya melihat, mendengar,
berbicara, dan berpikir serta mampu membuat kesimpulan seperti manusia.
Ini berarti komputer memiliki kecerdasan buatan yang mendekati
kemampuan dan prilaku manusia. Kelebihan lainnya lagi, kecerdasan untuk
memprediksi sebuah kejadian yang akan terjadi, bisa berkomunikasi langsung
dengan manusia, dan bentuknya semakin kecil.
Dipredeksi bahwa semua bahan yang digunakan pada komputer dimasa
depan yaitu akan menggunakan glass seperti monitor serta keyboar.
Keyboard dimasa depan tidak perlu menggunakan kabel seperti
sekarang hanya dengan menggunakan papan keyboar pengguna dapat mengetik suatu
kata dengan membaca kordinat keyboard yang terletak dipapan keyboard.
Namun tidak bisa kita pungkiri bahwa pena dan kertas adalah alat
tulis dan simbol yang secara alami kita terima, hanya tinggal masalah waktu
saja sampai seseorang menemukan produk canggih terbaru dengan konsep pena
pintar ataupun kertas pintar.
Yang jelas komputer masa depan akan lebih menakjubkan.
Perkembangan selanjutnya adalah perangkat komputer yang dapat
dijalankan tanpa harus menggunakan kontak fisik (menyentuhnya), tetapi
menggunakan otak.
Lalu, akankah komputer generasi kelima terealisasi? Kita tunggu
saja waktunya.
pctren.com
Perkembangan
selanjutnya adalah perangkat komputer yang dapat dijalankan tanpa harus
menggunakan kontak fisik (menyentuhnya), tetapi menggunakan otak.
C. Perangkat KOMPUTER
Pada saat sekarang ini sudah sangat sulit menemukan orang
yang belum mengenal komputer. Meski demikian mungkin sebagian besar diantara
kita masih ada yang belum mengenal secara detail tentang Perangkat Komputer dan
Fungsinya dari masing-masing perangkat tersebut.
Untuk memperkenalkan lebih detail tentang komputer, maka
saya akan berbagi sedikit ilmu mengenain Perangkat Komputer dan Fungsinya,
dengan tujuan agar semua para pengguna komputer dapat mengenal komputer lebih
dalam lagi dan bukan cuma sekedar mengenal dari bentuk fisiknya saja.
Perangkat komputer secara garis besar terdiri dari 2 bagian,
yaitu Perangkat Lunak (Software) dan Perangkat Keras (Hardware). Di dalam 2
Perangkat tersebut, masih terdapat beberapa bagian-bagian.
Berikut Penjelasannya :
Perangkat Lunak (Software)
Perangkat lunak adalah istilah umum untuk data yang diformat
dan disimpan secara digital, termasuk program komputer, dokumentasinya, dan
berbagai informasi yang bisa dibaca dan ditulis oleh komputer. Secara garis
besar perangkat lunak komputer juga masih dapat digolongkan menjadi 2 bagian,
yaitu:
1). Sistem operasi
Program dasar pada komputer yang menghubungkan pengguna
dengan hardware komputer. Sistem operasi yang biasa digunakan adalah Linux,
Windows, dan Mac OS. Tugas sistem operasi termasuk (namun tidak hanya) mengatur
eksekusi program di atasnya, koordinasi input, output, pemrosesan, memori,
serta instalasi software.
2). Sistem Aplikasi
Perangkat lunak aplikasi adalah suatu subkelas perangkat lunak
komputer yang memanfaatkan kemampuan komputer langsung untuk melakukan suatu
tugas yang diinginkan pengguna. Biasanya dibandingkan dengan perangkat lunak
sistem yang mengintegrasikan berbagai kemampuan komputer, tapi tidak secara
langsung menerapkan kemampuan tersebut untuk mengerjakan suatu tugas yang
menguntungkan pengguna. Contoh utama perangkat lunak aplikasi adalah pengolah
kata, lembar kerja, dan pemutar media.
Perangkat Keras (Hardware)
Perangkat keras komputer adalah semua bagian fisik komputer,
dan dibedakan dengan data yang berada di dalamnya atau yang beroperasi di
dalamnya, dan dibedakan dengan perangkat lunak (software) yang menyediakan
instruksi untuk perangkat keras dalam menyelesaikan tugasnya.
Berikut adalah beberapa contoh perangkat keras komputer dan
kegunaanya:
1). Keyboard
Keyboard merupakan unit input yang paling penting dalam
suatu pengolahan data dengan komputer. Keyboard dapat berfungsi memasukkan
huruf, angka, karakter khusus serta sebagai media bagi user (pengguna) untuk
melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan, seperti menyimpan file dan
membuka file.
2). Mouse
Mouse adalah salah unit masukan (input device). Fungsi alat
ini adalah untuk perpindahan pointer atau kursor secara cepat. Selain itu,
dapat sebagai perintah praktis dan cepat dibanding dengan keyboard.
3). Processor
Processor disebut juga otak dari komputer semakin bagus tipe
processor maka semakin mahal pula komputer, maka processor disebut sebagai inti
dari komputer. Fungsi processor adalah untuk memproses semua kegiatan yang
dilakukan komputer, yang direquest pengguna.
4). Motherboard
Motherboard adalah papan sirkuit tempat berbagai komponen
elektronik saling terhubung seperti pada PC atau Macintosh dan biasa disingkat
dengan kata mobo.Motherboard yang banyak ditemui dipasaran saat ini adalah
motherboard milik PC yang pertama kali dibuat dengan dasar agar dapat sesuai
dengan spesifikasi PC IBM.
5). RAM
RAM (Random Access Memory) adalah memori utama komputer yang
berfungsi untuk membaca dan menuliskan data. Dengan keberadaan RAM, maka kita
bisa menjalankan 2 aktifitas sekaligus dalam sebuah komputer, yaitu menulis dan
membaca data.
6). CMOS
CMOS adalah singkatan dari Complementary Metal Oxide
Semiconductor. Dari bentuknya sudah kelihatan, ia merupakan komponen berbentuk
IC (integrated circuit) Yang fungsinya menampung setting BIOS dan dapat tetap
menyimpan setting-annya selama baterai yang memberikan daya masih bagus.
7). Konektor Casing
Konektor Casing berfungsi untuk menyambungkan tombol/saklar
dan indicator pada casing ke motherboard. Pada motherboard yang berbasis
Pentium 4, disertakan pula sebuah port konektor tambahan sebesar 12 volt agar
prosesor bisa bekerja.
8). Monitor
Monitor komputer adalah salah satu jenis soft-copy device,
karena keluarannya adalah berupa sinyal elektronik, dalam hal ini berupa gambar
yang tampil di layar monitor. Gambar yang tampil adalah hasil pemrosesan data
ataupun informasi masukan. Monitor memiliki berbagai ukuran layar seperti
layaknya sebuah televisi.
9). Power Supply
Sesuai dengan namanya power supply ini berfungsi mengalirkan
listrik ke setiap bagian komputer agar dapat berjalan sesuai dengan fungsinya.
10). Harddisk
Harddisk adalah sebuah komponen perangkat keras yang
menyimpan data sekunder dan berisi piringan magnetis. Harddisk diciptakan
pertama
11). Kipas (Pendingin)
Kipas atau Pendinginan komputer dan yang sering juga disebut
pendinginan CPU adalah alat yang dipasang pada bagian dalam komputer untuk
mengurangi atau menghilangkan panas dari sebuah komputer.
D. Pemanfaatan Sistem Informasi/Teknologi Informasi
Manfaat Positif Sistem Informasi / Teknologi Informasi
- Dapat meningkatkan produktifitas kerja
- Memungkinkan kegiatan terselesaikan dengan
cepat, akurat dan tepat
- Kebutuhan akan data dan informasi menjadi
terpenuhi
- Mempermudah pertukaran informasi
Dampak Negatif Sistem Informasi / Teknologi Informasi
- Banyak orang
yang menyepelekan tugas dengan mengundur-undur kan waktu atau tidak langsung
mengerjakan karena menilai dengan adanya sistem informasi tugas akan cepat
selesai olehkarena itu ia mengerjakan nya dilain waktu dan memilih bersantai.
BAB 2
PERKEMBANGAN PERANGKAT KERAS & LUNAK
A. Pemahaman Komponen Perangkat Keras.
Perangkat keras (Hardware)
sebagai sub sistem dari sistem komputer juga mempunyai komponen, yaitu komponen
alat masukan (input device), komponen alat pemrosesan (processing divice) dan
komponen alat simpanan luar (storage).
1. Input
Input terutama dijalankan dengan
cara mengetikan data keyboard, yang ini seperti mengetik dengan mesin ketik.
Mouse juga digunakan untuk input. Kebanyakan komputer tidak dapat menerima data
dalam bentuk komunikasi manusia biasa seperti percakapan atau dokumen tertulis.
Oleh karenanya, kita perlu memperesentasikan data ke komputer dengan suatu cara
yang bisa memberikan konversi yang mudah ke bentuk elektronik yang didasarkan
pulsanya sendiri. Hal ini biasanya dicapai dengan mengetikan data ke dalam
peralatan keyboard yang mengubahnya menjadi bentuk machine-sensible (yang bisa
dirasa mesin). Perangkat keyboard hanyalah salah satu jenis input device
(perangkat input). Dalam beberapa kasus, dokumen atau media yang bisa dibaca mesin
dihasilkan sebagai bagian dari peroses input. Data akhirnya akan masuk ke
Storage (penyimpanan)
2. Proses
Pemerosesan dilakukan oleh
mikroprosesor, meskipun ia mempunyai fungsi yang sangat berbeda, hampir sama
konstruksinya dengan main memory, sebab ia merupakan jenis chip silikon lain.
Ia juga ditempatkan pada papan sirkuit elektronik. Pada sebagian besar komputer
yang lebih besar, pemerosesan dilakukan oleh sejumlah chip terpisah, sebagai
pengganti mikroprosesor tunggal. Komputer yang pemrosesannya dilakukan oleh
mikroperosesor disebut mikrokomputer. Instruksi dipatuhi dan operasi aritmetik
yang diperlukan, dan sebagainya, dilakukan dapat data. .Bagian yang mengerjakan
hal ini disebut Arithmetic Logical Unit (ALU). Selain menjalankan operasi aritmetik
ia juga menjalankan operasi “logis”. Operasi-operasi ini berjalan pada
kecepatan yang sangat tinggi, misalnya 10 juta angka bisa ditotal dalam waktu 1
detik.
3. Kontrol
Setiap komputer mempunyai unit
kontrol yang menjemput instruksi penyimpanan utama, menginterpretasikan
instruksi itu, dan menerbitkan (mengeluarkan) sinyal yang diperlukan oleh
komponen yang membentuk sistem itu. Ia mengarahkan semua opeasi hardware yang
diperlukan untuk mematuhi instruksi itu.
4. Penyimpanan
Penyimpanan (storage). Data dan
instruksi memasuki main storage (penyimpanan utama), dan disimpan sampai
diperlukan untuk bekerja. Instruksi tersebut mengarahkan tindak yang akan
diambil pada data. Hasil tindakan tersebut akan disangga sampai ia diperlukan
untuk output. Penyimpanan utama dilengkapi dengan auxiliary storage
(penyimpanan tambahan) yang lebih murah, yang juga disebut backing storage
(penyimpanan cadangan), misalnya, hard disk (1.9b) untuk tujuan penyimpanan
massal. Penyimpanan cadangan berperan penting dalam menyangga “maintained data”
(data yang dipelihara), yakni data yang disangga oleh komputer, sehingga ia
bisa memberikan informasi kepada pemakai apabila diperlukan.
5. Output
Output mempunyai dua bentuk
alternatif. Data bisa dicetak ke dalam lembaran kertas dengan menggunakan laset
printer atau bisa ditampilakan pada layar monitor. Hasil-hasil diambil dari
penyimpanan utama dan dimasukan ke output device (perangkat output). Perangkat
ini bisa berupa printer, dimana dalam hal ini informasi tersebut secara otomatis
diubah ke bentuk tercetak (printed form) yang disebut hard copy, atau mungkin
data tersebut ditampilakan pada laya monitor yang sama seperti laya pada set
televisi.
B. Pemahaman Komponen Perangkat Lunak.
Evolusi Perangkat Lunak
~ Era Pioner
Bentuk perangkat lunak pada
awalnya adalah sambungan-sambungan kabel ke antar bagian dalam komputer, gambar
berikut memperlihatkan orang yang sedang menggunakan komputer. Cara lain dalam
mengakses komputer adalah menggunakan punched card yaitu kartu yang di lubangi.
Penggunaan komputer saat itu masih dilakukan secara langsung, sebuah program
untuk sebuah mesin untuk tujuan tertentu. Pada era ini, perangkat lunak
merupakan satu kesatuan dengan perangkat kerasnya. Penggunaan komputer
dilakukan secara langsung dan hasil yang selesai di kerjakan komputer berupa
print out. Proses yang di lakukan di dalam komputer berupa baris instruksi yang
secara berurutan di proses.
~ Era Stabil
Pada era stabil penggunaan
komputer sudah banyak di gunakan, tidak hanya oleh kalangan peneliti dan
akademi saja, tetapi juga oleh kalangan industri / perusahaan. Perusahaan
perangkat lunak bermunculan, dan sebuah perangkat lunak dapat menjalankan
beberapa fungsi, dari ini perangkat lunak mulai bergeser menjadi sebuah produk.
Baris-baris perintah perangkat lunak yang di jalankan oleh komputer bukan lagi
satu-satu, tapi sudah seperti banyak proses yang di lakukan secara serempak
(multi tasking). Sebuah perangkat lunak mampu menyelesaikan banyak pengguna
(multi user) secara cepat/langsung (real time). Pada era ini mulai di kenal
sistem basis data, yang memisahkan antara program (pemroses) dengan data (yang
di proses).
~ Era Mikro
Sejalan dengan semakin luasnya PC
dan jaringan komputer di era ini, perangkat lunak juga berkembang untuk
memenuhi kebutuhan perorangan. Perangkat lunak dapat di bedakan menjadi
perangkat lunak sistem yang bertugas menangani internal dan perangkat lunak
aplikasi yang di gunakan secara langsung oleh penggunannya untuk keperluan
tertentu. Automatisasi yang ada di dalam perangkat lunak mengarah ke suatu
jenis kecerdasan buatan.
~ Era Modern
Saat ini perangkat lunak sudah
terdapat di mana-mana, tidak hanya pada sebuah superkomputer dengan 25
prosesornya, sebuah komputer genggampun telah di lengkapi dengan perangkat
lunak yang dapat di sinkronkan dengan PC. Tidak hanya komputer, bahkan
peralatan seperti telepon, TV, hingga ke mesin cuci, AC dan microwave, telah di
tanamkan perangkat lunak untuk mengatur operasi peralatan itu. Dan yang
hebatnya lagi adalah setiap peralatan itu akan mengarah pada suatu saat kelak
akan dapat saling terhubung. Pembuatan sebuah perangkat lunak bukan lagi
pekerjaan segelentir orang, tetapi telah menjadi pekerjaan banyak orang, dengan
beberapa tahapan proses yang melibatkan berbagai disiplin ilmu dalam
perancangannya. Tingkat kecerdasan yang di tunjukkan oleh perangkat lunak pun
semakin meningkat, selain permasalahan teknis, perangkat lunak sekarang mulai
bisa mengenal suara dan gambar.
Klasifikasi Perangkat Lunak
1.
Perangkat Lunak
Perangkat lunak secara umum dapat
di bagi 2 yaitu perangkat lunak sistem dan perangkat lunak aplikasi. Perangkat
lunak sistem dapat di bagi lagi menjadi 3 macam yaitu :
-Bahasa pemrograman
Merupakan perangkat lunak yang bertugas mengkonversikan arsitektur dan
algoritma yang di rancang manusia ke dalam format yang dapat di jalankan
komputer, contoh bahasa pemrograman di antaranya : BASIC, COBOL, Pascal, C++,
FORTRAN
-Sistem Operasi
Ssaat komputer pertama kali di hidupkan, sistem operasilah yang pertama kali di
jalankan, sistem operasi yang mengatur seluruh proses, menterjemahkan masukan,
mengatur proses internal, memanejemen penggunaan memori dan memberikan keluaran
ke peralatan yang bersesuaian, contoh sistem operasi : DOS, Unix, Windows 95,
IMB OS/2, Apple’s System 7
-Utility
Sistem operasi merupakan perangkat lunak sistem dengan fungsi tertentu,
misalnya pemeriksaan perangkat keras (hardware troubleshooting), memeriksa
disket yang rusak (bukan rusak fisik), mengatur ulang isi harddisk (partisi,
defrag), contoh Utilty adalah Norton Utility
2. Perangkat lunak aplikasi
Perangkat lunak (Software) adalah
istilah khusus untuk data yang diformat, dan disimpan secara digital,
didalamnya termasuk program komputer, dokumentasinya, dan berbagai informasi
yang dapat dibaca, dan ditulis oleh komputer. Perangkat lunak juga dapat dikatakan
sebagai bagian sistem komputer yang tidak berwujud. Istilah ini digunakan untuk
menonjolkan perbedaannya dengan Hardware (perangkat keras) komputer.
Karena disebut sebagai perangkat
lunak (software), maka sifatnya juga berbeda dengan perangkat keras (hardware),
jika hardware merupakan perangkat yang nyata yang dapat dilihat dengan jelas
oleh mata dan dipegang secara langsung, maka software tidak dapat dipegang dan
dilihat fisik bentuknya. Software memang tidak nampak secara fisik / berwujud
benda, namun software dapat dioperasikan dan dijalankan. Perangkat lunak sendiri dibuat menggunakan "bahasa
pemrograman" yang dibuat oleh programmer untuk selanjutnya di kompilasi
dengan aplikasi kompilator sehingga menjadi kode yang dapat dikenali / dibaca
oleh mesin hardware.
- Aplikasi Office
Aplikasi Office adalah kumpulan aplikasi yang digunakan untuk memudahkan
pekerjaan perkantoran tanpa melakukan sebuah pengkodean/Coding dengan bahasa
pemrograman terlebih dahulu.
Sedang menurut Wikipedia Indonesia:
Paket aplikasi perkantoran (Inggris: office suite) adalah
sebuah paket perangkat lunak yang diperuntukkan khusus untuk pekerjaan di
kantor.
Komponen-komponennya umumnya didistribusikan bersamaan,
memiliki antarmuka pengguna yang konsisten dan dapat berinteraksi satu sama
lain.
Kebanyakan aplikasi paket perkantoran terdiri dari
sedikitnya sebuah pengolah kata dan sebuah lembar kerja. Sebagai tambahan,
paket dapat terdiri dari sebuah program presentasi, peralatan basis data, paket
grafis dan peralatan komunikasi.
Sebuah paket perkantoran juga dapat memiliki sebuah klien
surat elektronik dan manajemen informasi pribadi atau paket groupware.
Microsoft Office
Microsoft Office merupakan paket aplikasi perkantoran yang
dikembangkan oleh Microsoft Corporation yang ditujukan untuk pengguna sistem
operasi Windows dan Macintosh, akan tetapi untuk para pengguna sistem operasi
Linux biasanya menggunakan aplikasi Wine Emulator untuk menjalankan aplikasi
ini agar berjalan baik di Linux.
Apache Openoffice
Openoffice dikembangkan oleh Apache Software Foundation
yakni sebuah perusahaan berbasis komunitas dari berbagai pengembang diseluruh
dunia yang mengembangkan perangkat lunak berlisensi Apache.
Libreoffice
Libreoffice merupakan paket aplikasi office yang mendukung
format ODF(Dokumen bersifat terbuka) dikembangkan oleh The Document Foundation
dan bertujuan agar penggunanya dapat menggunakan format tersebut tanpa
keterharusan untuk mencantumkan hak cipta kepada suatu pihak.
Google Doc
Google Doc merupakan aplikasi Office-suite yang ada pada
fitur Google App milik perusahaan raksasa Google, Aplikasi ini dijalankan
melalui browser secara online. Untuk penggunaanya gratis namun dengan ketentuan
anda harus memiliki akun Google dan menggunakan fasilitasnya melalui jaringan
online.
Kingsoft Office
Kingsoft office adalah aplikasi office yang dikembangkan
oleh perusahaan Kingsoft, yang mendukung berbagai macam platform sistem operasi
seperti Linux, Windows, Android dan IOS.
-Aplikasi Multimedia
Aplikasi multimedia adalah, aplikasi yang dirancang serta dibangun
dengan menggabungkan elemen-elemen seperti : dokumen, suara, gambar, animasi
serta video. Pemanfaatan dari aplikasi multimedia dapat berupa company profile,
video untuk tutorial, e-Learning, maupun Computer Based Training.
Banyak sekali jenis
aplikasi multimedia, mulai dari yang sekedar hanya untuk melihat (view) saja
sampai dengan membuat dan mengeditnya.
1. Media Player
Media player adalah jenis perangkat lunak yang digunakan
untuk memainkan informasi dalam bentuk audio dan video. Biasanya aplikasi media
player saat ini sudah bisa untuk memainkan baik informasi audio maupun video.
Beberapa jenis perangkat lunak media player adalah:
o Windows Media Player, bersifat komersial
dan diproduksi oleh Microsoft Corp. Perangkat
lunak ini ikut dalam paket
Microsoft Windows.
o Winamp, bersifat freeware/komersial dan
diproduksi oleh Nullsoft Inc..
o WinDVD, bersifat komersial dan
diproduksi oleh Intervideo.
o PowerDVD, bersifat komersial dan
diproduksi oleh Cyberlink.
o Musicmatch Jukebox, bersifat komersial
dan diproduksi oleh Musicmatch Inc.
o DivX Player, bersifat freeware atau
komersial, diproduksi oleh DivXNetwork Inc.
o Real Player, bersifat komersial dan
diproduksi oleh Real Networks.
o XMMS, audio player bersifat open source
dan dibawah lisensi GNU General Public License.
o Xine, DVD player yang bersifat open
source dan dibawah lisensi GNU General Public
License.
License.
2. Audio/Video
Edtor
Video/audio editor adalah jenis perangkat lunak yang digunakan
untuk mengedit dan memanipulasi informasi dalam bentuk video dan audio. Banyak
sekali proses dalam mengedit video dan audio, contohnya adalah proses
pemotongan, penggabungan, konversi format audio/video, dan manipulasi kualitas
audio/video. Beberapa jenis perangkat lunak media player adalah:
o Adobe Premiere
Pro, bersifat komersial dan diproduksi oleh Adobe Systems.
o Adobe Premiere
Elements, bersifat komersial dan diproduksi oleh Adobe Systems.
o Windows Movie
Maker, bersifat komersial dan diproduksi Microsoft Corp.
o Pinnacle
Studio, bersifat komersial dan diproduksi oleh Pinnacle Systems.
o TMPGEnc,
bersifat komersial dan diproduksi oleh Pegasis Inc.
3. Graphis/Image
Viewer
Image viewer adalah jenis perangkat lunak yang digunakan
untuk melihat (view) image secara terorganisasi pada sebuah direktori. Saat ini
sudah banyak sekali format image yang telah didukung oleh aplikasi image
viewer, seperti bmp (windows bitmap), jpeg/jpg (image terkompresi), gif
(CompuServe), png (portable network graphics), ico (icons image), dll. Biasanya
perangkat lunak ini juga menyediakan fasilitas untuk mengedit image dalam
fungsi-fungsi yang sederhana. Beberapa jenis perangkat lunak image viewer adalah:
o ACDSee,
bersifat komersial dan diproduksi oleh ACD Systems.
o XNView,
bersifat freeware dan diproduksi oleh Pierre-e Gougelet.
o Irfan View,
bersifat komersial dan diproduksi oleh Irfan Skiljan.
o Microsoft
Picture Manager, bersifat komersial dan diproduksi oleh Microsoft Corp.
o Microsoft
Picture and Fax Viewr, bersifat komersial dan masuk dalam paket Microsoft
Windows..
Windows..
4. Graphic/Image
Editor
Image editor adalah perangkat lunak yang digunakan untuk
melukis, menggambar, mengedit dan memanipulasi image atau gambar secara
interaktif pada sistem komputer. Banyak sekali jenis perangkat lunak image
editor mulai dari dengan fungsi editing yang sederhana sampai dengan yang
kompleks. Terdapat dua jenis image yang dihasilkan oleh image editor, yaitu
dalam bentuk bitmap image dan vector image. Beberapa contoh perangkat lunak
image editor adalah sebagai berikut:
o Adobe
Photoshop, merupakan vector dan bitmap image editor. Bersifat komersial dan
diproduksi oleh Adobe Systems.
diproduksi oleh Adobe Systems.
o Corel Draw,
merupakan vector image editor. Bersifat komersial dan diproduksi oleh Corel
Corporation.
Corporation.
o Microsoft
Paint, merupakan bitmap image editor. Bersifat komersial dan masuk dalam paket
Microsoft Windows.
Microsoft Windows.
o Paint Shop
Pro, merupakan vector dan bitmap image editor. Bersifat komersial dan
diproduksi
oleh Corel Corporation.
oleh Corel Corporation.
o GIMP,
merupakan bitmap dan vector image editor. Bersifat open source dan diproduksi
oleh
The GIMP Team dengan lisensi GNU General Public License.
The GIMP Team dengan lisensi GNU General Public License.
5. Animasi
Aplikasi animasi adalah perangkat lunak yang digunakan untuk
membuat, mengedit, dan memanipulasi informasi dalam bentuk animasi. Animasi
adalah gambar bergerak atau video dengan konten gambar yang fiktif, seperti
kartun dan gambar tidak riil. Beberapa contoh perangkat lunak animasi adalah
sebagai berikut:
o Macromedia
Flash, merupakan perangkat lunak animasi yang banyak digunakan, baik untuk
web, presentasi, dll. Bersifat komersial dan diproduksi oleh Macromedia Inc.
web, presentasi, dll. Bersifat komersial dan diproduksi oleh Macromedia Inc.
o Houdini Animation
Software, bersifat komersial dan diproduksi oleh Side Effect Software.
o Power
Animator, merupakan generasi pendahulu dari Maya untuk membuat animasi.
Bersifat komersial dan diproduksi oleh Alias Systems Corporation.
6. Graphic 3D
Aplikasi grafik 3 dimensi (3D) adalah perangkat lunak yang
digunakan untuk membuat, mengedit, dan memanipulasi informasi dalam bentuk
gambar 3 dimensi. Berbeda dengan format gambar atau image secara umum adalah
dalam bentuk 2 dimensi. Gambar 3 dimensi merupakan representasi gambar dalam
geometri 3 dimensi. Beberapa contoh perangkat lunak grafik 3D adalah sebagai
berikut:
o 3D Studio Max,
bersifat komersial dan diproduksi oleh Autodesk Media & Entertainment.
o Silo 3D
Modelling, bersifat komersial dan diproduksi oleh Nevercenter Ltd. Co.
o Maya, bersifat
komersial dan diproduksi oleh Alias Systems Corp.
-Aplikasi Internet
Perangkat lunak yang berhubungan dengan internet sangat
berkaitan dengan aplikasi internet. Aplikasi Internet adalah protokol yang
digunakan untuk berhubungan antara satu orang atau mesin dengan pihak lain yang
berjauhan. Aplikasi internet akan menyangkut dua sisi, yaitu sisi penyedia
(server) atau sisi pengguna (client). Contoh aplikasi internet dan perangkat
lunak dari sisi pengguna yang umum di gunakan adalah :
1. HTTP (Hypertext Transfer protocol), merupakan aplikasi
internet yang menampilkan baris kalimat, atau gambar, dengan beberapa kata yang
di beri tanda garis bawah (hypertext). Dari hypertext ini, pengguna dapat
melompat dari satu dokumen (page) ke dokumen lainnya. Perangkat lunak di sisi
pengguna yang menjalankan http di kenal sebagai browser. Contoh browser adalah
Internet Explorer (gambar 3.11) dan Netscape.
2. E-mail (Electronic mail), merupakan aplikasi surat
menyurat di internet. Setiap orang memiliki alamat e-mail, dan bisa saling
bertukar dokumen satu sama lain. Contoh perangkat lunaknya adalah Outlook
Express.
Komentar
Posting Komentar