Mengenal Mikroprosesor

Mikroprosesor adalah sebuah central processing unit (CPU) elektronik komputer yang  terbuat dari transistor mini dan sirkuit lainnya diatas sebuah sirkuit  terintegrasi semikonduktor yang bekerja dengan program

Mikroprosesor berasal dari microprocessor, yang secara kasar dapat  diterjemahkan sebagai pemroses mikro atau mengolah mikro. Secara fisik, mikroprosesor adalah subuah keping (chip) kecil, yang dirancang untuk mengerjakan pekerjaan-pekerjaan yang cukup kompleks. Mikroprosesoradalah sebuah sirkuit terpadu yang dikemas pada  sekeping silicon yang tipis. sebuah prosesor berisiribuan atau bahkan  jutaan komponen ekuivalen transistor, yang masing masing saling terhubung oleh jalur aluminium yang sangat halus. semua transistor itu bekerja sama sama untuk menyimpan dan memanipulasi data, dengan demikian mikroprosesor dapat melakukan berbagai fungsi dan tugas yang bermacam macam.
Benda ini berfungsi sebagai pengontrol atau pengolah utama dalam suatu rangkaian elektronik. Mikroprosesor biasa disebut juga CPU (Central Processing Unit). Cara kerja sebuah Mikroprosesor diarahkan oleh suatu program dalam kode-kode bahasa mesin yang telah dimasukkan terlebih dahulu ke dalam sebuah memori. Di dalam Mikroprosesor minimal terdiri darirangkaian digital, register, pengolah logika aritmatika, rangkaian sekuensial.

Karakteristik Mikroprosesor

Berikut adalah karakteristik penting dari mikroprosesor :
·         - Ukuran bus data internal (internal data bus size): Jumlah saluran yang terdapat dalam mikroprosesor yang menyatakan jumlah bityang dapat ditransfer antar komponen di dalam mikroprosesor.
·         - Ukuran bus data eksternal (external data bus size): Jumlah saluran yang digunakan untuk transferdata antar komponen antara mikroprosesor dan komponen-komponen di luar mikroprosesor.
·         - Ukuran alamat memori (memory address size): Jumlah alamat memori yang dapat dialamati oleh mikroprosesor secara langsung.
·         - Kecepatan clock (clock speed): Rateatau kecepatan clockuntuk menuntun kerja mikroprosesor.
·         - Fitur-fitur spesial (special features): Fitur khusus untuk mendukung aplikasi tertentu seperti fasilitas pemrosesan floating point, multimedia dan sebagainya.




 Sumber :
https://guptayp.wordpress.com/2012/05/27/tentang-mikroprosesor/

Komentar

Postingan Populer